Workshop Bersama Komite Sekolah dalam Pengembangan Kerjasama dengan Dunia Kerja

 


Workshop bersama komite sekolah dalam pengembangan kerjasama dengan dunia kerja SMK PK skema regular lanjutan dan skema pemadanan dukungan tahun 2024 berjalan dengan sukses pada hari Kamis, 18 Juli 2024 di ruang sidang SMKN 1 Cilacap.

Kegiatan workshop ini mengundang ketua komite sekolah, Bapak Drs. Brojo Pamungkas, M.Si. dan perwakilan dari dunia kerja. Perwakilan dunia kerja dihadiri oleh direktur CV  Karya Sentosa, bapak Kustoro dan Bapak RM Raharjo Tri Sunu, Head Chef PT. Indocarter (Tangguh LNG).

Peserta workshop seluruh guru kejuruan dan non kejuruan. Kegiatan dimulai dari sambutan Ibu Kepala SMKN 1 Cilacap, Ibu Navy Hardiati Dian Mintarsih, S.Pd., M.Pd. yang berpesan kepada seluruh guru untuk berperan aktif dan mengambil ilmu yang bermanfaat dari para narasumber. Beliau berpesan supaya bapak ibu guru selalu menerapkan pembelajaran dengan menyesuaikan kebutuhan industri, agar ketika siswa terjun ke dunia kerja lebih mudah beradaptasi dan alumninya dapat terserap optimal sesuai bidangnya. Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Komite, Bapak Drs. Brojo Pamungkas, M.Si. Beliau menyampaikan agar bapak/ibu guru selalu berkolaborasi dengan dunia kerja dan memperbanyak jejaring dengan Perusahaan melalui MoU.

Sesi berikutnya yaitu penyampaian materi dari direktur CV Karya Sentosa, Bapak Kustoro. Beliau menjelaskan tentang keterkaitan kurikulum Pendidikan dengan dunia kerja, serta harus memperbanyak praktek agar siswa SMK lebih terampil dan kompeten sesuai bidang keahliannya.

Sesi terakhir penyampaian materi dari Bapak RM Raharjo Tri Sunu selaku Head Chef PT Indocarter (Tangguh LNG). Beliau menjelaskan bahwa alumni jurusan tataboga/kuliner memiliki peluang kerja tidak hanya di restoran atau hotel, melainkan bisa di berbagai sektor industry seperti pertambangan, transportasi, rumah sakit, dsb. Bapak/Ibu guru diharapkan mampu menempa mental peserta didik agar lebih siap saat terjun di dunia kerja. Beliau juga menjelaskan tentang regulasi perekrutan tenaga kerja di dunia industry.

Dalam workshop ini, diharapkan sekolah dapat menjalin kerja sama dengan banyak dunia kerja dan industri yang relevan sesuai konsentrasi keahlian yang terdapat di SMK Negeri 1 Cilacap serta membantu dan memfasilitasi siswa agar lebih mudah mendapatkan kerja setelah lulus.

Posting Komentar untuk "Workshop Bersama Komite Sekolah dalam Pengembangan Kerjasama dengan Dunia Kerja"