

Multimedia didirikan pertama kali tahun 2004 dan mulai tahun 2022 sesuai kurikulum Merdeka dirubah menjadi DKV (Desain Komunikasi Visual)
DKV adalah Program Keahlian sekaligus Konsentrasi Keahlian, sedangkan Bidang Keahliannya adalah Seni dan Ekonomi Kreatif
Dasar Dasar Desain Komunikasi Visual
Capaian Umum
Pada akhir fase E (kelas X), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian Desain Komunikasi Visual yang dipilihnya, sehingga mampu menumbuhkan passion dan vision untuk merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar. Pada aspek soft skill peserta didik akan mampu menerapkan budaya kerja sesuai tuntutan pekerjaan, memahami konsep diri yang positif sesuai standar K3 dan 5R dalam desain komunikasi visual, mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah dan mencari solusi, konsisten menerapkan budaya kerja dalam berkesenian. Pada aspek hard skill peserta didik mampu memahami elemen- elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual.
Capaian per Elemen
Profil technopreneur, peluang usaha dan pekerjaan/profesi bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami pekerjaan atau profesi dalam bidang Desain Komunikasi Visual, dan kewirausahaan di bidang ekonomi kreatif yang mampu membaca peluang pasar dan usaha, untuk membangun visi dan passion, serta melakukan pembelajaran berbasis projek nyata sebagai simulasi projek kewirausahaan.
Proses bisnis berbagai industri di bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami manajemen produksi bidang Desain secara menyeluruh pada berbagai industri ekonomi kreatif lainnya, antara lain K3LH, kreativitas dalam proses kreasi dasar desain, dan menerapkannya dalam elemen dasar perancangan dan proses desain dan produksi dalam eksekusi kerja desain komunikasi visual secara mandiri.
Perkembangan teknologi di industri dan dunia kerja serta isu-isu global pada bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami tentang perkembangan proses produksi industri Desain Komunikasi Visual mulai dari teknologi konvensional sampai dengan teknologi modern, Industri 4.0, Internet of Things, digital teknologi dalam dunia industri, isu pemanasan global, perubahan iklim, aspek-aspek ketenagakerjaan, Life Cycle produk industri sampai dengan reuse, recycling.
Isu-isu global pada bidang Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami industri ekonomi kreatif mulai dari teknologi konvensional sampai dengan teknologi modern, Industri 4.0, Internet of Things, teknologi Digital dalam dunia industri, isu pemanasan global, perubahan iklim, aspek- aspek ketenagakerjaan, Life Cycle produk industri sampai dengan reuse, recycling produk.
Teknik dasar proses produksi pada industri Desain Komunikasi Visual
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami kepribadian yang dibutuhkan peserta didik agar dapat mengembangkan pola pikir kreatif melalui praktek secara mandiri dengan berpikir kritis tentang seluruh proses produksi dan teknologi serta budaya kerja yang diaplikasikan dalam industri Desain Komunikasi Visual.
Sketsa dan ilustrasi
Pada akhir fase E melalui kreativitas dan berpikir kritis, peserta didik mampu menjelaskan konsep dasar karya dengan sketsa dan ilustrasi, menyiapkan bahan peralatan sketsa, mewujudkan sketsa, menyempurnakan sketsa, dan membuat ilustrasi dalam perancangan dan proses produksi untuk dikembangkan dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Komposisi typography
Pada akhir fase E peserta mampu memahami jenis, fungsi, karakter, anatomi, lingkup huruf dan dasar tipografi (hierarki, leading, tracking dan kerning) yang umum digunakan dalam desain dan menerapkannya dalam perancangan dan proses produksi dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Fotografi dasar
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami jenis kamera, menentukan komposisi pemotretan dan mengatur pencahayaan, melakukan pemotretan, menyimpan data, dan melakukan pekerjaan akhir dalam editing pada fotografi serta menerapkannya dengan kreativitas dan disiplin dalam perancangan dan proses produksi dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Komputer grafis
Pada akhir fase E peserta didik memahami pengoperasian perangkat lunak desain dengan memilih jenis perangkat lunak dan menetapkan perangkat lunak berbasis bitmap dan vector serta menggunakannya dalam perancangan dan proses produksi dalam eksekusi kerja Desain Komunikasi Visual.
Fase F
Desain Komunikasi Visual
Capaian Umum
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam merancang visual suatu proyek desain komunikasi visual melalui metode perancangan secara sistematis serta mengoperasikan aplikasi komputer desain yang sesuai kebutuhan, meliputi: desain cetak (print design), perancangan identitas (identity design), fotografi dan videografi, desain grafis lingkungan (environmental graphic design), desain antarmuka (User Interface-User Experience) website dan aplikasi, desain gerak (motion graphic), seni sekuensial (sequential art), dan lainnya yang terkait.
Capaian per Elemen
Prinsip Dasar Desain dan Komunikasi
Pada
fase F, peserta didik mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam merancang
visual, di antaranya: unity (kesatuan), balance (keseimbangan), composition
(komposisi), proportion (proporsi), rhythm (irama), emphasis (penekanan),
simplicity (kesederhanaan), clarity (kejelasan), space (ruang). Peserta didik
mampu memahami dan menerapkan peran komunikator, komunikan dan media komunikasi
dalam perancangan komunikasi visual, melakukan pembiasaan kerja sesuai Prosedur
Opersional Standar (POS).
Perangkat Lunak Desain
Pada fase F, peserta didik mampu mengoperasikan perangkat
lunak yang dibutuhkan dalam lingkup Desain Komunikasi Visual, melakukan
pembiasaan kerja sesuai SOP. Perangkat lunak yang digunakan disesuaikan dengan
sub konsentrasi keahlian (peminatan) dalam lingkup Desain Komunikasi Visual:
Print Design/Image Editing/Digital Imaging/Vektor/ Video Editing/Motion
Graphic/ Desktop Publishing/ Web & App Design/UI-UX Design/3D Software/dan
lainnya yang terkait.
Menerapkan Design Brief
Pada fase F, peserta didik mampu menerima, membaca,
memahami, dan melaksanakan perintah melalui panduan tertulis (brief) untuk
merancang visual secara tepat dalam suatu proyek desain yang diberikan oleh
pemberi tugas. Panduan/acuan tersebut meliputi: latar belakang proyek, tujuan/
obyektif yang ingin dicapai, ruang lingkup pekerjaan, khalayak sasaran yang
dituju, media yang digunakan, strategi kreatif dan konsep perancangan, tenggat
waktu penyelesaian pekerjaan, para pihak yang terlibat dan peranannya dalam
pekerjaan. Peserta didik mampu melakukan pembiasaan sesuai POS, mampu
berkolaborasi dan komunikasi dengan tim maupun pihak terkait.
Karya Desain
Pada fase F, peserta didik mampu dalam merancang visual
secara sistematis mulai dari pemahaman terhadap permasalahan, diskusi pencarian
ide (brainstorming), pengembangan alternatif, hingga menjadi karya akhir.
Proses tersebut dapat menggunakan metode design thinking maupun metode lainnya.
Peserta didik mampu melakukan pembiasaan sesuai POS, mampu berkolaborasi dan
komunikasi dengan tim maupun pihak terkait. Karya desain yang dihasilkan
disesuaikan dengan sub konsentrasi keahlian (peminatan) dalam lingkup Desain
Komunikasi Visual: Print Design/ Videografi/ Fotografi/Tipografi/ Typeface
Design/Story Boarding/Ilustrasi/ Sequential Art/Motion Graphic/Web & App
Design/UI-UX Design/ Concept Art/Motion Graphic Design/ Environmental Graphic
Design/dan lainnya yang terkait.
Proses Produksi Desain
Pada fase F, peserta didik mampu menerapkan dan mengelola
proses produksi desain dimulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi
sesuai dengan konsentrasi keahlian dalam lingkup Desain Komunikasi Visual.
Peserta didik mampu melakukan pembiasaan sesuai POS, mampu berkolaborasi dan
komunikasi dengan tim maupun pihak terkait. Proses produksi desain disesuaikan
dengan sub konsentrasi keahlian (peminatan) dalam lingkup Desain Komunikasi
Visual: Print Design/Videografi/ Fotografi/Tipografi/ Typeface Design/Story
Boarding/Ilustrasi/ Sequential Art/Motion Graphic/Web & App Design/UI-UX
Design/Concept Art/Motion Graphic Design/ Environmental Graphic Design/ dan
lainnya yang terkait.
Posting Komentar untuk "Program Keahlian Desain Komunikasi Visual"